Monday, May 30, 2016

Jangan Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Tidur

Rasa lelah yang melanda setelah kita menjalani aktivitas seharian kadang membuat kita lupa hal apa yang harus kita benahi menjelang tidur. Ketika melihat matras atau tempat tidur yang kita rasakan ingin langsung merebahkan tubuh, apalagi jika kita baru saja menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam. Tanpa kita sadari, kita sudah tenggelam di balik selimut.

Seperti yang dikutip dari rumah.com, hal tersebut bisa mengakibatkan tidur kita menjadi tidak nyaman, adapun beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan sebelum tidur, diantaranya:

1. Tidak mematikan TV
Tanpa kita sadari, terkadang kita menyalakan TV sebelum merebahkan tubuh kita di atas matras. Namun, seringkali kita lupa untuk mematikannya, padahal jika kita tidur dalam keadaan tv yang menyala akan mengganggu tidur kita, sinar biru yang dipancarkan TV juga akan menyilaukan mata, dan otak yang seharusnya beristirahat malah kembali terangsang untuk menerima informasi dan mengolahnya.

2. Tidak membersihkan seprai
Meskipun matras kita dalam keadaan rapi, bersihkan terlebih dahulu permukaan seprai dengan sapu lidi. Hal ini dilakukan untuk mencegah debu dan tungau yang melekat di seprai dan matras kita. Jika dibiarkan akan menyebabkan kulit kita ruam dan gatal. Akan lebig bagus, jika kita menggunakan matras yang memiliki teknoogi anti bakteri dan kuman seperti matras talalay latex.

3. Lupa mengubah penerangan kamar
Sama hal nya dengan kita tidak mematikan TV, lupa mengubah penerangan kamar pun akan mengganggu kualitas tidur kita. Tidur dengan lampu menyala akan menyebabkan jam biologis kita terganggu. Jika hal ini kita biasakan terus menerus maka akan berisiko terserang penyakit kardiovaskular.

4. Tidak mengecek posisi bantal
Meskipun kita dalam keadaan lelah, tepuk-tepuklah permukaan bantal yang kita gunakan, agar kondisinya lebih tebal dan nyaman. Tidurlah dalam posisi terlentang dan kaki yang lurus untuk menghilangkan pegal. Posisi bantal sangat penting kita cek, karena posisi yang salah akan membuat leher terasa nyeri saat bangun pagi.

5. Malas mandi
Terbiasa bekerja di ruangan AC, kita pun memilih hanya membersihkan bagian muka, tangan, dan kaki saja. Padahal, saat kita tidur, kita tetap mengeluarkan keringat, sehigga sel kulit mati dan keringat bertumpuk di kulit. Kebiasaan ini juga akan membuat seprai menjadi lembab dan bau.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat tidur nyenyak, namun lakukan hal di atas sebelum kita tidur, agar kita bisa mencapai tidur yang berkualitas setelah melakukan aktivitas seharian.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic