Wednesday, October 12, 2016

Cara Aman Berbelanja Online

Aktivitas transaksi online ataupun belanja online bukanlah hal yang awam bagi masyarakat modern saat ini. Bukan hanya berbelanja saja yang bisa kita lakukan secara online, namun berbagai aktivitas bayar tagihan dan cicilan pun bisa kita lakukan secara online.

Dari kemudahan yang kita dapatkan di era digital ini, bukan berarti kita bisa menjamin keamanan dalam setiap transaksi online, apalagi pada saat kita berbelanja online. Perlu ketelitian dan kecermatan dalam berbelanja online, jangan sampai barang yang kita pesan tidak sesuai atau kita menjadi korban kasus penipuan. adapaun cara aman berbelanja online, diantaranya:

1. Perhatikan tingkat keamanan berbelanja
Kartu kredit saat ini banyak digunakan untuk berbelanja online. Kita harus mengingat bahwa kartu kredit bersifat statis. Artinya, nomor yang tertera tidak akan berubah kecuali kita menutup dan membuka akun baru. Hal inilah yang perlu kita perhatikan karena untuk mengantisipasi kebocoran informasi akun secara online, sangat memungkinkan disalahgunakan oleh oranng yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan potensi kebocoran informasi, salah satunya adalah dengan memastikan situs jual-beli online terpercaya atau tidak,  dan menggunakan sistem pembayaran online yang aman atau tidak. Kita bisa mengamatinya dengan mencari icon gembok kecil yang bisanya terdapat pada pojok kanan atas URL bar.

2. Teliti sebelum membeli
Sebelum kita berbelanja, cari tahu terlebih dahulu informasi tentang toko online tersebut, dari mulai website, media sosial, kontak ataupun alamatnya, untuk memastikan bahwa toko online tersebut profesional dan terpercaya.

3. Pilih e-wallet sebagai sistem pembayaran
Menggunakan sistem pembayaran melalui transfer atau kartu kredit adalah hal yang biasa kita lakukan, namun tingkat keamanannya  juga tidak menjamin kita dari kejahatan dunia online. Saat ini sudah tersedia e-wallet yang merupakan sistem pembayaran online di era digital, dimana kita bisa melakukan berbagai transaksi dengan membayar dari saldo e-wallet yang kita miliki, lebih praktis karena kita tidak usah khawatir tidak membawa uang cash, melalui e-wallet pula kita bisa melakukan tarik tunai dari saldo yang kita miliki.


No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic