Sunday, May 4, 2014

Bahayanya Ketegangan Dalam Bermain Piano

Bohong jika ada pianist yang semasa karirnya mengaku tak pernah mengalami cedera. Baik itu merasakan nyeri disiku, pergelangan bahkan jari. Karena seorang pianist yang fokus meningkatkan kemampuannya, biasanya bakal berlatih keras. Ambisi tersebutlah yang membuat banyak pianist kerap mengalami cedera.

Bagi para pianist pemula, penting untuk mengetahui hal ini sejak dini. Agar anda tidak mengalami trauma atau menyerah ditengah jalan. Dalam profesi apapun kecelakaan bisa terjadi, yang perlu anda lakukan adalah meminimalisir kecelakaan tersebut, agar tak berdampak banyak pada hobi anda tersebut.

Disinilah pentinya anda mengatur tensi bermain piano. Jangan terlalu bersemangat dalam memencet nut piano. Santailah dan nikmati pergelangan tangan anda yang bergerak fleksibel. Dengan bermain santai anda justru akan mendapatkan hasil yang lebih efisien, sehat dan menyenangkan.

Ketegangan dan ketergesaan hanya akan membunuh profuktifitas, dan kerap berperan merusak keindahan suara piano anda. jika lengan anda tegang saat berlatih, anda juga beresiko melahirkan cedera tangan. Tidak peduli musik apa yang anda mainkan, tetap perhatikan postur tubuh anda.

Pastikan anda duduk dengan benar, tidak ada ketegangan dalam tubuh terutama dipergelangan tangan, dan mulailah menikmati apa yang anda mainkan. Jangan memikirkan berbagai teknik yang sulit anda pelajari, karena lambat laun anda pasti bisa menguasainya. Cukup lakukan dengan hati senang dan jangan lupa beli piano untuk memudahkan proses belajar anda dirumah.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic