Monday, May 12, 2014

Tips Memilih Sekolah Musik Yang Tepat

Berbeda dengan kurus musik atau privat, sekolah musik layaknya seperti sekolah lainnya dimana sekolah tersebut memberikan pendidikan secara formal. Para murid akan diberi pendidikan dan pemahaman tentang teori musik. Kemudian para murid juga harus melakukan ujian baik itu praktek atau teori layaknya sekolah formal untuk menunjukkan pemahaman dan kemampuan musiknya. Jika anda berminat untuk memperdalam kemampuan musik anda, sekolah musik merupakan jawaban yang tepat. Akan tetapi anda juga harus mengetahui cara yang teapt untuk memilih sekolah musik yang tepat.

- Kurikulum

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah kurikulum sekolah musik tersebut. Kurikulum merupakan panduan utama bagi sekolah musik untuk mengajarkan pengetahuan musik kepada murid-muridnya. Sekolah musik yang bertaraf internasional harus memiliki kurikulum sesuai dengan panduan dari penguji internasional seperti Australian Guild of Musik Education System atau AGMES dan Associated Board of Royal Schools of Musik, London atau ABRSM. Sekolah yang memiliki kurikulum berbasis internasional akan mendatangkan penguji dari badan penguji luar negeri. Alhasil sekolah dengan kurikulum internasional akan mematok biaya yang lebih tinggi. Sedangkan untuk lembaga kursus hanya menyusus kurikulum internal sehingga harga lebih terjangkau.

- Pengajar

Selain kurikulum , pastikan sekolah musik yang akan anda pilih memiliki pengajar yang berkualitas dan berpengalaman. Banyaknya sekolah musik mengakibatkan banyaknya pengajar yang dibutuhkan. Pastikan anda mengetahui kualitas pengajar di sekolah musik tersebut. jangan ragu untuk menanyakan kualitas dan pengalaman pengajar di sekolah musik tersebut.

- Biaya

Yang terakhir yang harus anda pertimabangkan adalah biaya. Dalam sekolah musik ada beberapa biaya yang harus anda keluarkan seperti biaya pendaftaram, biaya bulanan, dan sebagainnya. Terkadang anda harus membayar biaya untuk ujian kenaikan tingkat, konser, dan workshop. Biayanya bervariasi dari Rp 200.000 hingga Rp 800.000 atau lebih. Namun belum tentu sekolah musik yang mematok harga lebih mahal memiliki kualitas yang lebih baik. Ada beberapa factor penentu sekolah musik itu baik. Yang pertama adalah pengajar yang tepat. Kedua adalah fasilitas yang cukup, dan yang terakhir yang paling penting adalah motivasi diri kita untuk selalu berlatih.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic