Sunday, May 4, 2014

Pentingnya Keteraturan Dalam Bermain Piano

Beli piano sudah anda lakukan, mengikuti sekolah musik juga tengah dijalani. Setiap kali berlatih hasilnya pun memuaskan. Namun mengapa tiap kali melakukan pertunjukkan, anda justru terlihat kacau? Anda merasa penuh beban dan mendapat tekanan lebih. Akibatnya anda tidak berkonsentrasi pada penampilan.

Fenomena ini terjadi biasanya karena salah anda sendiri, terutama dalam segi keteraturan dalm berlatih. Para pianis pemula yang baru tampil dibeberapa pertunjukkan, biasanya meningkatkan intensitas latihan jelang penampilannya. Tapi tahukan anda, kebiasaan seperti ini justru tidak baik?

Jika anda berlatih 5 sampai 10 jam perhari, hanya untuk membayar waktu yang hilang. Maka anda tengah melakukan kesalahan besar. Anda melewatkan latihan sehari dan menggantinya dengan berlatih seharian penuh, juga merupakan tindakan yang salah. Sebab saat melakukan hal tersebut, dijamin anda bermain dengan terburu-buru.

Walhasil anda melewatkan semua langkah yang diperlukan untuk membuat penampilan anda sukses. bermain lambat justru lebih disarankan ketika anda menghadapi sebuah pertunjukan. Dengan bermain lambat anda akan mengdalami materi musik secara bertahap. Kesadaran akan pesan yang disandikan oleh nada pun mulai muncul.

Akhirnya anda akan mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai struktur emosional dalam musik, dan menghasilkan konten yang lebih dramatis. Ketidakaturan dalam bermain piano akan mempengaruhi kesehatan fisik dan psikologis anda. Ketegangan yang menumpuk akan mendorong otot tendon bekerja terlalu keras.

Kemudian anda akan mulai merasa panik dan mengakami ketidaknyamanan psikologis. Inilah titik dimana pianis akan merasa gagal, karena lelah dan menganggap dirinya gagal mencapai kinerja yang berkualitas. Jika anda tidak ingin mengalami hal ini sebaiknya atur kembali porsi dan jam latihan anda.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic