Wednesday, May 21, 2014

Jalan Yang Bisa Bermain Musik

Tak pernah terbayangkan bukan ada sebuah jalan yang mampu mengeluarkan nada-nada indah, apalagi bermain musik layaknya sebuah band? Bagaimana mungkin benda mati seperti aspal dapat menyusun bebunyian menjadi nada yang enak? Faktanya sebuah jalan bernama Jalan Melody di provinsi Hokkaido, Wakayama dan Gunma, Jepang mampu mengluarkan bunyi yang indah ketika sebuah mobil melintasinya.

Jalan Melody adalah sebuah proyek yang coba mengubah tiga jalan di Jepang, menjadi kotak musik berjalan. Teorinya, mobil yang melintasi ketiga jalan itu akan menciptakan resonansi, saat ban mobil itu berulang kali melintasi aspal. Tuan Shinoda bekerja sama dengan Hokkaido Industrial Institute menerapakn teori resonansi sonik untuk menciptakan kotak musik berjalan.

Shinoda menemukan dengan mamvariasikan karak antara alur potong jalan, maka nada suara yang bervariasi akan tercipta. Hal ini agak mirip dengan kotak musik kuno yang memainkan lagu ketika tombol kuncinya digerakkan. Tapi jangan berharap musik yang dikeluarkan oleh jalanan ini, semuanya terdengar indah.

Karena semuanya bergantung kepada sipengendara. Lebih bagus jika mereka bisa mempertahankan kecepatan 28 mil per jam ditiga jalan tersebut. Bersiap-siaplah untuk mendengarkan alunan musik yang menghibur. Jadi bila suatu saat anda berkunjung ke Jepang dan melintasi jalan ini. Jangan kira adalah seseorang yang sengaja beli piano dan memainkannya ditengah jalan. Sebab suara yang anda dengar itu, berasal dari gesekan band dengan aspal yang membentuk resonansi.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic