Tuesday, January 21, 2014

Karakteristik Musik Punk Rock

Seperti halnya jenis musik lain. Musik punk rock juga memiliki karakter yang membedakannya dengan jenis musik lain. Melihat penampilan para musisinya saja, biasanya anda sudah bisa menebak aliran mereka adalah punk rock. Namun dari segi musik anda akan sulit membedakan antara grunge dan punk rock. Sebab grunge juga terlahir karena pengaruh punk rock.

Punk rock lebih mengutamakan pelampiasan energi dan curhat ketimbang aspek teknis bermain musik. Para pecinta punk tidak begitu memperhatikan masalah musik. Bagi mereka musik hanyalah sebuah pelampiasan rasa, baik itu penderitaan maupun kesenangan. Para fans punk rock juga lebih mementingkan penampilan yang oke, ketimbang kecerdasan bermusik mereka. Terbukti, basis Sex Pistols yang kini sudah tiada Sid Vicious tidak begitu lihai bermain bass. Meski demikian, orang-orang tidak memandangnya dengan remeh . Malah justru Sid banyak digandrungi para pencinta punk. Sid dicintai karena kostumnya yang selalu oke dipanggung.

Punk memiliki sebuah keyakinan anak-anak muda yang mempunyai landasan pemikiran DIY(Do it Yourself). Meskipun tidak cerdas dalam bermusik. Namun lirik-lirik yang mereka buat sangat mengena. Punk kerap membuat lagu tentang masalah politik, lingkungan hidup, ekonomi, ideologi, sosial dan bahkan masalah agama.

Pecinta punk rock memang tidak handal bermain musik. Tapi bukan berarti anda juga mesti seperti itu demi menjadi musisi punk rock. Jika anda memiliki penampilan oke yang ditunjang dengan kecerdasan musik yang baik, bukan tidak mungkin prestasi anda bisa melebihi sex pistols maupun the clash.

Mulailah dengan mempelajari teknik bermusik yang benar. Jika anda seorang gitaris, belajarlah memetik senar dengan benar, jika anda seorang drumer belajarlah untuk mengenali ketukan yang bagus. Bila perlu beli drum elektrik atau manual untuk mempermudah proses belajar anda.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic