Tuesday, January 21, 2014

Punk Rock Era 1980-an Sampai Sekarang

The Dead Kennedys
Pada era 1980-an penyebaran musik punk rock di Inggris mengalami pasang surut. Uniknya, pasang surut musik punk di Inggris justru memancing lahirnya band-band punk di berbagai penjuru dunia. Di Irlandia ada grup The Understones. Di Australia ada The Saints. Dan di Selandia Baru ada The Clean.

Band-band tersebut sangat serius menghayati prinsip-prinsip dasar punk. Bagi mereka punk bukan sekadar aliran musik, melainkan juga identitas, gaya hidup dan prinsip hidup. Sebagian memilih bermusik cepat ala punk rock sebagian lagi memilih berhaluan keras. Penampilannya lebih brutal dan liriknya lebih radikal. Sementara di Amerika terutama di San Francisco aliran punk lebih berpolitik. Di sana muncul nama-nama macam The Avengers, The Dils, dan yang paling dominan The Dead Kennedys.

New York juga melahirkan grup-grup yang belakangan memperkaya khazanah musiknya dengan unsur lain, seperti Beastie Boys dan Sonic Youth. Dan ada juga The Misfits, yang mengungsi dari New Jersey. Intinya musik punk rock di era 1980an lebih banyak bercuap tentang ideologi dan mengkritisi kebijakan pemerintah yang dianggapi abai terhadap penderitaan rakyatnya. Setelah mengetahui sejarah musik punk di era 1980an, anda tentu sudah mengerti bahwa punk rock tidak seburuk yang anda kira. Tidak ada salahnya untuk mulai mempelajari jenis musik ini. Jika anda seorang drumer, anda bisa mulai dengan mempelajari sampel-sampe lagu dari The Ramones. Sebaiknya beli drum elektrik terlebih dulu agar proses belajar anda lebih nyaman.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic