Monday, January 20, 2014

Perjalanan Kelahiran Musik Reggae

Perjalanan Kelahiran Musik Reggae. Berdasarkan sejarah Jamaika, Burru (komunitas) adalah orang pertama yang membawa drum dari Afrika. Burru menjadi bagian aransemen lagu yang disebut “talking drums” (drum yang bicara) yang asli dari Africa Barat. “Jonkanoo” adalah musik budaya campuran Afrika, Eropa dan Jamaika yang terdiri dari permainan drum, rattle (alat musik berderik) dan conch tiup. Jonkanoo pada awalnya adalah tarian para petani, yang belakangan baru disadari bahwa sebenarnya mereka berkomunikasi dengan drum dan conch itu.

Tahun berikutnya, Jamaika kedatangan budaya Samba Amerika tengah saat Calypso dari Trinidad & Tobago hijrah ke Kingston. Kemudian muncullah campuran musik baru yang mereka sebut Mento. Mento sendiri adalah musik sederhana dengan lirik lucu diiringi gitar, banjo, tambourine, shaker, scraper dan rumba atau kotak bass. Jenis musik ini sangat populer ditahun 1920-1930 dan menjadi musik Jamaika pertama yang menarik perhatian seluruh pulaunya.

Namun seiring berkembangnya waktu, musik campuran itu akhirnya disisihkan jenis musik baru yakni SKA yang muncul pada tahun 40 - 50an. SKA dipengaruhi oleh Swing, Rythym & Blues dari Amerika. SKA sebenarnya adalah suara big band dengan aransemen horn (alat tiup), piano, dan ketukan cepat “bop”. Ska kemudian dengan mudah beralih dan menghasilkan bentuk tarian “skankin” pada awal 60an.

Dalam perkembangannya Ska kemudian melambatkan temponya, hingga menghasilan musik jenis Rock Steady pada pertengahan 60an. Rock Steady memiliki ciri khas tune bass berat dan dipopulerkan oleh Leroy Sibbles dari group Heptones dan menjadi musik dance Jamaika pertama di 60an.

Tidak lama berselang lahirlah reggae, yakni Rock Steady dengan tempo lebih lambat. Setelah melihat sejarah kelahiran musik reggae, anda pasti tertarik menyelaminya. Mulailah dengan belajar memainkan musiknya. Alat tabuh seperti drum bisa menjadi langkah awal yang baik. Setelah menguasai tabuhan reggae,cobalah melakukan eksplorasi dengan memasukkan unsur piano. Ingat beli piano dulu sebelum anda belajar. Sebab membeli lebih membuat anda merasa nyaman ketimbang menyewa atau meminjam kepada teman.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic