Monday, January 27, 2014

Warna Musik Celtic Punk Dipengaruhi Punk Stacy

Celtic punk adalah genre musik yang terlahir dari campuran musik punk rock dengan musik Celtic tradisional. Genre ini didirikan pada tahun 1980 oleh The Pogues, sebuah band musisi punk di London yang merayakan warisan Irlandia mereka. Band-band yang bermain dalam genre ini, sering menyanyikan lagu-lagu tentang legenda dan lagu-lagu politik tradisional Irlandia atau Skotlandia.

Tema yang biasanya diusung Celtic Punk adalah politik, budaya, minuman keras dan kehidupan kelas pekerja. Instrumen musik yang mereka gunakan, juga terdiri dari alat musik tradisional dan modern seperti bagpipe, biola, peluit, akordeon, mandolin, dan banjo. Istilah Celtic punk biasanya digunakan untuk menyebut band yang bermain dalam musik tradisional Irlandia atau Skotlandia.

Tetapi istilah itu cenderung digunakan untuk band-band Irlandia dan Skotlandia yang menggunakan bahasa Inggris serta menggunakan budaya Amerika dan Inggris sebagai inspirasi. Salah satu band yang termasuk dalan genre ini adalah The Pogues. Band yang dibentuk pada 1982 di London ini mulai terkenal didunia internasional pada 1980-an sampai awal 1990an. Secara politik warna musik mereka dipengaruhi oleh punk stacy. Musik yang mereka buat lebih banyak dihasilkan melalui instrumern tradisional Irlandia, seperti peluit timah, cittern, mandolin dan akordeon. Band ini mengalami reformasi pada 2001, karena banyaknya anggota yang mengundurkan diri.

Kesuksesan The Pogues menunjukkan bahwa musik tradisional yang dianggap tidak keren pun bisa mendunia, bahkan menghasilkan musik-musik asik. Jika anda tertarik menggunakan alat musik tradisional untuk menciptakan lagu bagus, cobalah dari sekarang. Namun ada baiknya lebih dulu menguasai alat musik general seperti gitar, drum, piano maupun keyboard. Jangan takut untuk menggunakan piano dan keyboard di musik punk. Beli piano dan keyboard terlebih dulu agar proses belajar anda tidak terganggu.

1 comment:

  1. Iiii sumpah baru tau lah. Btw artikelnya keren dan informatif sekali, makasi banyak yah!

    ReplyDelete

matras visco-elastic