Monday, January 20, 2014

Persaingan Musik Amerika dan Inggris

Agresi musik Inggris di Amerika pada dekade 90an membuat dua aliran musik utama Inggris dan Amerika, yakni britpop dan grunge bersaing ketat. Britpop sebagai aliran yang bermigrasi dan menangguk kesuksesan dengan cepat mampu membuat masayarakat Amerika berpindah haluan.

Persaingan tersebut ternyata berlanjut sampai sekarang. Untuk mempertahankan penggemarnya britpop terus mengeksplorasi liriknya menjadi sangat romantis. Hingga akhirnya memunculkan generasi ketiga britpop. Mereka adalah Radiohead, Coldplay, Placebo, dan Travis. Mereka datang ke jagat musik Amerika untuk menyaingi band band Amerika yang kembali ke jalur rock melankolis atau alternative seperti Blink 182, The Used, dan My Chemical Romance.

Gaya berpakaian band-band britpop yang kerap menggunakan setelan body fit membuat jenis musik ini semakin tenar. Pada 1990an, dunia seakan terinfeksi britpop. Terciptalah gaya berpakaian yang disebut indies, dengan ciri khas berkacamata besar dan hitam. Sementara perkembangan musik grunge berjalan datar. Jumlah penggemar musik grunge tidak mengalami peningkatan signifkan.

Britpop memang memiliki pamor lebih bagus, tapi bukan berarti musisi grunge tidak bisa berhasil. Jika anda ingin fokus mempelajari grunge cobalah sedikit melakukan eksplorasi. Agar musik grunge yang anda mainkan dapat terdengar lebih variatif. Bisa dengan menambahkan instrumen piano atau keyboard. Musik variatif dapat menarik lebih banyak penggemar. Sebelum memulai proses pembelajaran ada baiknya anda beli piano atau keyboard agar proses belajar anda tidak tersendat.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic