Tuesday, January 21, 2014

Tiga Band Grunge Terkemuka

A. Pearl Jam

Pearl Jam dibentuk pada 1990 di Seattle, Washington, Amerika Serikat, adalah salah satu kelompok musik rock yang paling berhasil pada tahun 1990-an. Mereka adalah salah satu pelopor musik grunge. Album pertama mereka pada tahun 1991, berjudul Ten, langsung melejit dan tercatat sebagai ikon musik rock alternatif di Amerika. Sayang pada 1996,Pearl Jam mengalami penuruan penjualan saat album kedua mereka dilepas kepasaran.

B. Soundgarden

Soundgarden adalah kelompok musik rock Amerika yang dibentuk di Seattle, Washington pada tahun 1984 oleh penyanyi dan pemain gitar Chris Cornell, pemain gitar Kim Thayil, dan pemain bas Hiro Yamamoto. Soundgarden adalah salah satu kelompok musik yang berpengaruh atas terciptanya sebuah gaya musik rock alternatif yang berkembang di Seattle. Sayangnya Soundgarden gagal meraih kesuksesan komersial dan pada 1997, mereka pecah karena perselisihan internal akan arah kreatifitas mereka untuk berkarya.

C. Nirvana

Nirvana berasal dari Kota Aberdeen, Washington, Amerika Serikat, dibentuk pada 1987 Nirvana meraih kesuksesannya di Kota Seattle, Amerika Serikat.Nirvana mulai digemari, dan dikenal oleh dunia sejak dirilisnya album mereka yang berjudul Nevermind, dengan singlenya Smells Like Teen Spirit, single ini membuat mereka mendapatkan trofi The Best Alternative/Rock Band dan sempat menduduki tangga nada pertama di Billboard Amerika. Nirvana terdiri dari Krist Novoselic, Kurt Cobain, dan Dave Grohl.

8 April 1994 adalah akhir dari sejarah Nirvana saat sang motor Kurt Cobain ditemukan meninggal di rumahnya di Seattle Washington. Beberapa album kompilasi mereka masih sempat dirilis beberapa tahun kemudian. Diperkirakan Nirvana telah menjual sekurang-kurangnya 50 juta kopi album mereka di seluruh dunia.

Terlepas dari sejarah kelam tiga band diatas,karya-karya ketiganya tetap layak dijadikan acuan untuk anda yng baru mulai mempelajari grunge. Cobalah dengan beli drum elektrik dan mengeksplornya untuk mendapatkan musik grunge yang asik dan tidak terlupakan sepanjang masa.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic