Wednesday, January 29, 2014

Rock and Roll, Gelombang Pertama Musik Amerika

Rock and roll adalah genre musik yang lahir dan berkembang di Amerika Serikat sekitar akhir 1940-an dan awal 1950an. Rock and Roll terlahir dari kombinasi genre Afrika-Amerika seperti blues, jump blues dan musik gospel dengan Western dan musik country. Meski unsur-unsur musik rock and roll sudah dapat didengar sejak tahun 1920 dan awal 1930. Namun genre ini belum mendapatkan namanya sampai tahun 1950.

Istilah rock and roll memiliki setidaknya dua arti berbeda. Secara umum rock and roll mengacu pada gelombang pertama musik yang berasal dari Amerika pada 1950an, dan kemudian berkembang menjadi gaya internasional yang lebih dikenal sebagai "musik rock". Sedangkan secara khusus istilah ini identik dengan budaya Amerika yang sangat rock.

Rock anda roll di akhir 1940 lebih banyak menggunakan instrumern piano dan saxophone. Baru pada tahun 1950an, unsur gitar pun ditambahkan. Pada dasarnya musik rock and roll sangat mirip dengan blues. Rock and roll klasik biasanya dimainkan dengan satu atau dua gitar listrik. Dalam perkembangannya musik rock and roll mendapat tambahan instrument seperti bass listrik dan drum.

Musik rock and roll terus menyita perhatian publik, karena gaya bermusiknya dan gaya berpakaian sikap juga bahasa yang mereka gunakan. Inilah yang membuat musisi rock and roll memiliki karakter unik. Sayangnya banyak musisi rock and roll masa kini kurang memahami sejarah musiknya sendiri. Walhasil mereka lebih banyak menampilkan dandanan unik ketimbang kualitas musiknya. Jika anda tertarik mempelajari musik rock and roll, cobalah dengan belajar membuat irama ngebeat dengan piano atau keyboard, karena piano adalah instrumen awal terbentuknya musik ini. Beli piano terlebih dulu, baru lakukan eksplorasi.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic