Tuesday, February 4, 2014

Art Punk Dipengaruhi Unsur Seni

Art punk atau biasa disebut avant punk banyak mengacu pada punk rock dan musik post punk. Karya karya art punk bisanya sangat eksperimental, karena banyak dipengaruhi unsur seni, baik itu seni tari, musik maupun lukis. Banyak yang menilai art punk sebagai warisan avant-garde Eropa.Dalam beberapa buku seni, banyak seniman yang mengatakan band-band punk 1970-an, sebagai band yang mengawali kelahiran art punk.

Dari sinilah mulai muncul gerakan art punk. Secara cepat art punk mampu memengaruhi selera pasar, dan mendapatkan kesuksesan dari penjualan album. Konsep mereka yang berbeda setiap kali beratraksi diatas panggung, membuat band-band art punk menjadi bahan perbincangan, dan mulai dilirik media. Band paling awal untuk digambarkan sebagai pelopor art punk adalah New York Dolls.

Band asal Amerika yang sangat sukses merebut pasar Eropa. Keberadaan band-band art punk mengingatkan kembali pecinta musik tentang kemegahan dan kecerdasan Eropa. Banyak pentolan art punk yang memiliki selera fashion sangat bagus. Mereka memadupadankan sesuatu yang berbau modern dengan konvensional.

Meski sangat konsen mempersiapkan penampilan diatas panggung. Namun band-band art punk juga tidak lupa meningkatkan kualitas musik mereka. Banyak eksplorasi nada yang mereka lakukan. Terutama dengan menambahkan instrument musik, ada yang menambahkan biola atau beberapa alat perkusi.

Setelah membaca kelahiran art punk, anda tentunya semakin mengerti bagaimana sebuah genre bisa terlahir. Sebuah genre bisa tercipta bukan hanya karena kebosanan dalam sebuah nada. Namun juga karena adanya flash back sejarah serta budaya. Jika anda ingin menciptakan karya sebaik art punk, anda mesti banyak membaca dan mempelajari lagu-lagu lama.

Jangan lupa untuk tidak takut melakukan kombinasi dengan berbagai alat musik yang ada, seperti piano dan keyboard. Beli piano menjadi start yang baik untuk anda membuka gerbang kesuksesan, karena piano mampu menghidupkan sebuah musik yang hanya memiliki satu istrumen.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic