Sunday, February 16, 2014

Grup Band Beraliran Groove Metal

Groove metal yang kadang disebut thrash ini adalah sebuah genre musik yang lahir dari musik heavy metal. Genre ini sering ditujukan untuk menyebut musik-musik yang dibawakan Pantera dan Exhorder. Groove metal memiliki intensitas musik yang mirip thrash metal yang sering memainkan tempo dipertengahan lagu. Hanya beberapa band yang menggunakan tempo cepat disemua lagunya.

Salah satu grup band yang mengusung genre ini adalah Pantera. Pantera digambarkan memiliki musik yang kreatif, karena berani melakukan banyak terobosan. Dari sinilah kemudian banyak band-band grove metal tercipta, mulai dari Sepultura hingga Lamb of God. Dalam perkembangannya groove metal mencoba lebih inovatif lagi dengan memasukkan unsur hardcore punk. Lalu terciptalah banyak band beraliran keras yang mengaku menggunakan genre ini.

Soulfly, Gojira, Machine Head, Bizantium adalah beberapa band yang sangat konsisten mendalami grove metal. Beberapa tahun kemudian grove metal terus merasakan kejayaannya, dengan memiliki banyak penggemar dan memunculkan banyak band-band baru, di Amerika dan Eropa. Sayang kepopuleran mereka mulai surut pada 1993, karena banyak band groove metal mulai memasuki dunia musik mainstream dan meninggalkan indi.

Akhirnya terpecahlah groove metal menjadi beberapa bagian. Ada yang masih menggunakan kunci-kunci awal groove metal, ada pula yang mengubahnya agar lebih diterima publik. Meski begitu semua karya mereka sama-sama enak dinikmati. Jika anda penyuka musik keras genre ini sangat cocok. Ada baiknya sebelum menekuni genre ini, terlebih dulu anda memiliki berbagai instrument yang dibutuhkan. Untuk awal beli drum elektrik, karena drum adalah elemen terpenting dalam musik ini. Tapi ingat, belilah drum sesuai kebutuhan. Jangan memaksakan diri membeli satu set drum, jika anda memiliki keterbatasan biaya.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic