Monday, February 24, 2014

Tips Membuat Demo Album

Bila anda memiliki keinginan untuk terjun secara serius di dunia musik, anda membutuhkan beberapa trik agar musik anda cepat diterima masyarakat. Tapi untuk sampai ketelinga masyarakat, anda terlebih dulu harus memiliki orang yang mau mendukung publikasi album. Mereka adalah label, baik independent maupun mainstream.

Kebanyakan memilih mainstream, karena memiliki manajemen dan tata keuangan yang lebih bagus. Sehingga karya kita memiliki peluang lebih besar untuk terkenal. Tapi memasuki dunia label mainstream bukanlah perkara mudah. Sebab mereka memiliki aturan ketat, terkait penerimaan band baru. Label hanya akan membantu band yang benar-benar berkarakter dan memiliki nilai jual.

Ada trik khusus yang bisa membuat album demo anda setidaknya dilirik oleh label. Yang pertama buatlah cover album anda semenarik mungkin. Jika perlu sewalah seorang ahli design. Cover merupakan cermin dari isi album itu sendiri. Jika covernya saja tidak menarik, label biasanya tidak tertarik. Yang kedua adalah tempatkan lagu terbaik anda dibagian pertama album. Ini untuk menarik minat label.

Setelah berminat, biasanya mereka akan mendengarkan keseluruhan lagu. Yang ketiga sertakan potongan koran atau penghargaan yang diraih band kalian didalam cover album. Ini menjadi nilai plus, bahwa anda memang sudah bagus, hanya saja kurang populer. Terakhir, tetap lakukan persiapan dalam hal teknis. Sehingga saat anda dipanggil label untuk melakukan uji joba anda tidak akan kaget.

Jangan lupa membeli berbagai instrumen yang dibutuhkan, agar saat prosesi tes anda benar-benar merasa percaya diri. Drum sederhana bisa menjadi pembelian yang baik. Beli drum elektrik bermerek sesuai dengan dana yang tersedia.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic