Sunday, February 23, 2014

Kiat Menjual Album Indi

Beberapa band yang gagal menembus label atau gagal menemukan label yang sesuai, biasanya akan memilih jalur independen. Memang repot, karena semua proses rekaman hingga promosi harus dilakukan sendiri. Namun kesuksesan memang butuh perjuangan. Ada banyak band indi yang berhasil dalam penjualan albumnya. Seperti yang dialami grup band Mocca dan The Changcuters.

Namun tidak sedikit juga yang menuai kegagalan. Seakan-akan pembuatan lagu hanya menghamburkan uang. Nah sebenarnya ada trik jitu agar pengeluaran anda untuk membuat album tidak terbuang sia-sia. Yang pertama harus dilakukan adalah mencari studio rekaman yang sekaligus menawarkan sebuah tempat untuk memajang album anda. Biasanya mereka membuat meja resepsionis menjadi tempat pameran kaset mini.

Setelah dipajang di studio band, lakukan promosi sendiri dengan membagi beberapa sample album anda secara gratis. Bisa dimulai dari teman-teman terdekat. Bila perlu bagikan juga dijalan, terutama disekolah-sekolah. Tempat yang notabene banyak orang menyukai sesuatu yang baru. Jangan lupa untuk terus mendengarkan saran-saran dari pendengar lagu anda.

Ikutilah banyak festival band. Jika perlu saat ditengah tengah acara perkenalkan album anda. Nah setelah melakukan hal-hal tersebut, tinggal tunggu saja apa yang akan terjadi. Yang pasti setelah berusaha maksimal, anda jangan bersedih dan putus asa jika masi menuai kegagalan. Teruslah berusaha dan tingatkan kemampuan. Meningkatkan kemampuan bisa dengan melakukan kombinasi dengan alat musik, misalnya menambahkan unsur piano. Sebaiknya beli piano terlebih dulu.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic