Wednesday, February 19, 2014

Perkembangan Musik Post Grunge

Post grunge adalah sebuah subgenre yang memadukan rock alternatif dan hard rock. Genre ini muncul pada pertengahan 1990-an, dan dianggap sebagai turunan dari musik grunge. Tetapi memiliki nada yang mudah diterima publik. Sehingga lebih komersial untuk dilepas kepasaran. Band band post- grunge seperti Foo Fighters, Nickelback, Creed, dan Matchbox Twenty adalah sejumlah band yang mereguk kesuksesan diakhir 1990-an dan awal 2000-an.

Band-band post grunge banyak meniru musik-musik grunge, dengan suara gitar tebal yang terdistorsi namun memiliki vokal yang enak ditelinga. Karya-karya post grunge sangat cocok diputar di radio-radio untuk menemani pendengarnya yang lebih suka menyendiri. Karena lirik mereka yang terkesan banyak menceritakan masalah kesendirian.

Berbeda dengan grunge awal, post grunge lebih sering bekerja dengan major label dan lebih terbuka menerima arahan dari label, seperti menggabungkan karya-karya mereka dengan genre musik lain salah satunya pop, pop punk dan ska. Namun sikap mereka yang terlalu banyak menerima unsur juga membuat mereka kerap disebut turunan rendah. Bila anda adalah seorang pemula post grunge, ada baiknya membuka kembali karya-karya grunge pada masa awalnya.

Bukankah akan lebih baik jika anda mampu menciptakan lagu yang memiliki karakter sendiri? Mempelajari tabuhan drumnya bisa menjadi awal yang baik. Cobalah meniru lagu-lagu yang dibawakan Nirvana, karena merekalah pelopor musik grunge. Setelah itu baru lakukan kombinasi selayaknya post grunge, tapi jangan sampai membunuh karakter grunge sendiri. Beli drum elektrik untuk mengawali karir anda.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic