Monday, April 14, 2014

Lagu-lagu Sederhana Indonesia Yang Mendunia

Zaman dulu khususnya ea 90-an, setiap musisi berlomba untuk menciptakan musik yang indah dengan alunan nada yang lembut. Sangat jarang kita temukan band-band yang mengusug musik-musik keras seperti saat ini. Lirik yang mereka buat saat itu juga tidak pernah seronok atau kasar seperti sekarang ini.

Meski memiliki lirik biasa-biasa saja, namun toh mereka terbukti berhasil membawa lagunya dikenal diseluruh dunia. Sebenarnya apa saja lagu sederhana asal Indonesia, yang berhasil medunia itu? Yang pertama adalah Rasa Sayange. Lagu asal Maluku yang kerap menjadi lagu favorit anak-anak ini banyak dinyanyikan dalam berbagai versi.

Liriknya yang amat mudah dihapal, dan diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, membuat lagu ini kerap dianyanyikan dalam berbagai bahasa. Lagu kedua adalah Bengawan Solo yang dinyanyikan oleh Gesang. Lagu keroncong yang tidak diminati oleh kawula muda Indonesia ini justru menydot perhatian musisi Cina.

Adalah Mona Fong, musisi kelahiran Cina yang menggubah Bengawan Solo kedalam bahasa Inggris . Tak hanya Mona, lagu Bengawan Solo ini juga pernah dinyanyikan oleh penyanyi jazz asal Jepang, Lisa Ono. Total lagu Bengawan Solo telah diterjemahkan kedalam 13 bahasa. Lagu ketiga adalah Nina Bobo. Lagu yang sering dinyanyikan para ibu untuk mengantarkan anaknya tidur ini, ternyata telah dinyanyikan oleh penyanyi asing, diantaranya Claudia Patacca dan Gerrit Ellin.

Nah sudah terbukti bahwa lagu sederhana pun bisa menyedot perhatian dunia, asalkan dikemasi dengan menari. Mulailah menciptakan karya-karya sederhana namun luar biasa. Awali langkah anda dengan beli piano, kemudian mencari irama-irama indah yang tak lekang oleh waktu.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic