Thursday, April 24, 2014

Mengenal Skala Musik Piano

Dalam musik, skala adalah rangkaian nada yang membentuk sebuah urutan not. Jika diibaratkan dengan sebuah lagu, skala adalah tangga dan not-not dalam sebuah skala adalah anak tangganya. Skala yang paling populer adalah skala C Mayor. Skala ini terdiri dari not-not C – D – E – F – G – A – B – C

Skala adalah yang terpopuler dibanding skala lain, karena paling mudah dimainkan di atas piano. Anda tinggal memainkan semua tuts berwarna putih untuk mendapat not-not skala C Mayor. Lalu bagaimana caranya membuat skala? Yaitu dengan menggunakan rumus interval, yakni jarak antara dua not dalam suatu skala.

Interval ada berbagai macam, ada yang jaraknya bersebelahan maupun satu oktaf. Skala C Mayor misalnya terdiri dari not-not dengan interval 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½. Dalam buku panduan kord biasanya ditulis dengan Whole – Whole – Half – Whole – Whole – Whole – Half (WWHWWWH)

Rumus tersebut digunakan untuk menciptakan skala kunci Mayor. Dengan menggunakan rumus ini, Anda bisa membuat skala Mayor dari not dasar manapun. Rumus ini mungkin terlihat rumit, namun jika sudah dipraktekan justru akan mempermudah anda belajar piano. Anda tak ingin beli piano dan membiarkannya teronggok begitu saja diruang tamu bukan? Karena itu belajarlah perlahan secara otodidak.

Jika anda sudah bisa mengenal skala dengan baik, dan mampu menyusun kord sendiri. Maka anda sudah masuk kejajaran pianist yang piawai. Tinggal lebih rajin saja dalam mengeksplor skal. Jangan lupa untuk terus berlatih dan pantang menyerah.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic