Wednesday, April 16, 2014

Semua Jenis Suara Itu Bagus

Kita sering melihat penampilan para penyanyi di ajang pencarian bakat. Rata-rata yang memiliki suara tinggilah yang menjadi pemenang. Entah karena dianggap memiliki bakat mengagumkan, atau karena telinga kita yang tak mau lagi mendengar suara-suara rendah atau serak-serak basah. Padahal tidak semua penyanyi bernada tinggi bisa menyanyikan semua jenis lagu dengan bagus.

Asal anda tahu dalam menyusun aransemen atau komposisi not, vocal arranger harus mempertimbangkan faktor komposisi atau jumlah personil masing-masing jenis suara, tingkat kemampuan masing-masing suara serta warna vocal masing-masing personal. Kekurangan atau kelemahan jenis suara tertentu akan sangat berpengaruh pada komposisi not atau aransemen.

Ini menandakan bahawa semua jenis atau unsur suara itu unik dan penting keberadaannya. Sebab ada kelemahan dan kelebihan yang bisa ditambal oleh berbagai jenis suara. Penyanyi yang hanya memiliki jenis suara tinggi, akan kesulitan jika menghadapi lagu-lagu dengan nada musik rendah. Sebalkinya penyanyi dengan jenis suara rendah akan payah bernyanyi di nada tinggi.

Kuncinya adalah bagaimana anda menyelaraskan suara dengan lagu. Apalagi jika sedang tampil dalam sebuah orchestra, suara jenis apapun akan dibutuhkan dalam sebuah konser orchestra. Karena hanya kelengkapakan suara lah yang membuat orchestra lebih hidup. Karena itu, mulai saat ini berhentilah untuk mengikuti gaya bernyanyi idola anda.

Mulailah percaya diri dengan suara sendiri, dan berlatihlah dengan tekun sampai menemukan lagu yang cocok dengan karakter anda. Sesekali bermain musiklah dengan sebuah band, jika perlu beli drum elektrik atau manual, gitar, keyboard atau piano. Undanglah teman-teman anda bermain bersama dirumah dan mintai pendapatnya soal suara anda.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic