Friday, April 4, 2014

Piano dan Anak Berkebutuhan Khusus

Kata siapa anak berkebutuhan khusus tidak bisa berprestasi? Buktinya sekarang ini banyak anak berkebutuhan khusus sukses sebagai musisi. Perjalanan hidup mereka yang keras dan penuh dengan diskriminasi tidak membuat lemah, sebaliknya justru membuatnya semakin kuat dan menghasilkan sesuatu yang mencengangkan.

Salah satu hal yang sangat disukai oleh anak berkebutuhan khusus adalah piano. Karena itu banyak sekolah berkebutuhan khusus rela beli piano untuk menunjang proses kegiatan belajar dan mengajarnya. Piano dianggap sebagai alat musik yang bisa menenangkan anak berkebutuhan khusus. Irmanya membuat emosi anak-anak menjadi lebih stabil. Piano juga membuat anak anak mampu menyalurkan segala ambisinya.

Tapi jangan heran kalau dipembelajaran awal, anak-anak berkebutuhan khsusus agak sulit menerima pelajaran. Sebab dayang tangkap mereka memang kurang cepat dengana anak-anak lainnya. Anak berkebutuhan khusus juga tidak semuanya lamban, ada juga yang sangat cepat dalam menerima pelajaran. Hal itu bergantung dari cara anda mengajarkannya.

Yang harus anda tahu, musik berfungsi menurunkan perilaku sulit berkonsentrasi dan mendorong anak untuk bekerja lebih aktif. Dengan bermain piano anak-anak terlatih membuka jarinya dan terbiasa lebih banyak beraktifitas dengan jari dan otak. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan motoriknya.

Bila anda memiliki anak atau kerabat berkebutuhan khusus yang sulit dikendalikan. Mungkin piano bisa menjadi media yang tepat untuk membuatnya lebih tenang. Tapi jangan memaksakan dia untuk belajar dengan cepat, karena anak berkebutuhan khusus cenderung suka mengamuk jika dipaksakan. Bersabarlah karena semua usaha anda pasti akan berbuah hasil.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic