Thursday, April 24, 2014

Melatih Teknik Tangan dan Kaki Pada Drum

Bagi pemula yang baru mempelajari drum, sangat sulit bagi mereka untuk membuat tangan dan kaki bermain selaras. Itu wajar terjadi lantaran kaki dan tangan anda belum terbiasa bekerja beriringan. Sama seperti orang yang belajar motor bergigi, antara kaki kanan,kiri dan rem tangan sangat sulit untuk bekerja sama. Namun dengan latihan rutin,hal yang rumit tersebut menjadi mudah.

Begitu juga bermain drum. Setiap drummer kelas kakap memiliki keseimbangan permainan tangan dan kaki, sehingga mampu menciptakan penampilan yang spektakuler. Apalagi untuk drummer metal, kecepatan dan keseimbangan kaki mutlak diperlukan. Setelah beli drum elektrik atau manual dan memainkannya, kita mulai mencoba trik trik awal bermain drum, yakni memainkan beat yang bernama samba, atau mulai mempelajari beat swing. Namun diawal pembelajaran ini biasanya anda akan langsung menemukan masalah. Yaitu tangan dan kaki yang sulit diatur.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan coba mengerti masalah abjad drum. Gunakan juga metronome terlebih dahulu. Setelah itu kembalikan lagi metronome kekaki kiri dan lakukan ini berulang-ulang untuk membantu kaki kanan dan kiri anda. Untuk masalah tangan, konsentrasikan gerakan anda untuk mengenali nada-nada. Jika sudah terbiasa mendengar nada drum, latihlah tangan anda untuk memukul sambil kaki menekan pedal.

Itulah dua teknik dasar awal, agar anda bisa menguasai permainan drum dengan cepat. Jangan terburu-buru untuk bisa menguasai berbagai teknik drum, karena semuanya butuh proses. Yang terpenting adalah tekun dan rutin. Jalankan semuanya secara bertahap dan jangan terlalu memaksakan diri.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic