Tuesday, April 1, 2014

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Kehamilan

Ibu hamil pasti sudah tahu bahwa musik membawa pengaruh kuat untuk si kecil dalam perut. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa alunan instrumen musik klasik sangat membantu dalam meningkatkan IQ calon bayi anda. Karena itu banyak sekali bertebaran kaset klasik yang didesain khusus untuk para ibu hamil. Tidak jarang juga banyak calon ayah yang rela beli piano, kemudian belajar musik klasik.

Ini dilakukan agar si bayi memiliki ikatan emosional dengan sang ayah dan ibu. Namun apa manfaat sebenarnya mendengarkan musik saat kehamilan? Yang pertama adalah meningkatkan kemampuan mendengar. Menurut sejumlah penelitian pada tahap tertentu bayi bisa merasakan getaran suara dan bereaksi terhadap frekuensi tertentu. Hal ini dapat membantuk bayi anda meningkatkan konsentrasinya setelah terlahir kedunia.

Manfaat yang kedua ialah meningkatkan reaksi anak. Ini terjadi karena pada saat anda mendengarkan musik, maka bayi akan memberi respon dan melakukan beberapa gerakan. Aktifitas sibuk bayi diketahui sangat baik karena meningkatkan efektifitas gerakannya ketika sudah berada diluar perut sang ibu. Manfaat ketiga adalah musik dapat membentuk peribadian bayi.

Banyak yang mengatakan bahwa musik lambat akan membentuk pribadi yang lembut. Sementara musik bertempo cepat akan membentuk kepribadian anak anda menjadi lebih ekspresif. Musik lamban juga diketahui menjadikan tidur si ibu dan bayi dalam kandungan menjadi lebih tenang. Belum ada penelitian pasti mengenai hal tersebut. Namun banyak orang sudah membuktikan bahwa musik memang berperan dalam membentuk karakter anak.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic