Thursday, March 13, 2014

Kebosanan Dalam Bermain Musik

Beberapa calon musisi yang sudah merasa lihai bermain musik. Kadang merasa bosan karena hanya bisa bermain begitu-begitu saja. Sudah coba melakukan eksplorasi tapi merasa tidak puas dengan hasilnya. Akhirnya mereka memutuskan untuk beralih ke instrumen lain. Yang bosan bermain gitar akhirnya beli drum elektrik dan coba mempelajarinya.

Nahasnya di tengah jalan mereka juga kadang menyerah dengan keadaan, kemudian kembali mencoba alat musik lain. Berharap bisa menemukan dunianya dengan mencari-cari seperti itu. Sayangnya apa yang mereka lakukan tidak dibarengi dengan keyakinan dan ketekunan. Walhasil apa yang mereka dapat sama saja, yakni kebosanan dan kebuntuan. Baik bosan karena selalu gagal, maupun merasa buntuk tidak bisa mengksplor diri.

Kebosanan dalam bermain musik juga bisa terjadi karena rutinitas yang sama tiap harinya. Mulai dari jam latihan hingga jam tampil dilakukan pada waktu yang sama setiap harinya. Tidak ada variasi waktu, akibatnya kita merasa muak dengan rutinitas sendiri, dan pada akhirnya putus asa untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Untuk menghindari kebosanan sebaiknya jangan membuat rutinitas dengan jam yang sama setiap harinya. Sesekali anda bisa melanggar peraturan yang anda buat sendiri, dengan mengganti jam latihan dengan menghadiri konser musik, atau berbincang dengan teman musisi lain.

Sesekali buatlah pertunjukkan mini, kemudian buatlah video pertunjukkan anda. Lalu hasilnya bisa anda upload ke media jejaring sosial, lihat tanggapan penonton. Berbagai komentar yang anda dapat dijamin membuat anda lebih bersemangat dalam berlatih, dan tidak lagi mengalami kebosanan.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic