Wednesday, March 26, 2014

Membuat Rekaman di Rumah

Anda sudah beli piano, gitar, keyboard dan drum, studio pribadi dirumah pun sudah terlihat lengkap dan bagus. Lalu mengapa anda masih berpikir untuk melakukan rekaman musik di studio rekaman milik orang lain? Sebenarnya anda bisa membuat rekaman sendiri di rumah. Tapi memang agak menyulitkan dan rumit. Namun hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan melakukan rekaman distudio musik canggih.

Sistem yang biasa disebut dengan DAW atau Digital Audio Workstation ini, bisa anda pelajari dimanapun. Ada beberapa hal yang harus anda siapkan ketika ingin membuat rekaman dengan metode DAW. Yang pertama siapkan computer berkecepatan tinggi melebihi computer yang kerap digunakan para gamers. Ini dibutuhkan agar saat pemrosesan audio, tidak ada suara yang terputus.

Kedua belilah sound card yang memang khusus untuk audio. Tapi anda harus pintar dan jeli dalam memilih sound card, sebab ada sound card yang tidak dirancang untuk merekam audio. Dana yang anda keluarkan untuk membeli material ini bisa mencapai 10 juta. Setelah itu anda juga memerlukan Near Field Monitor atau NF, yakni sebuah speaker flat. Jika anda berpikir membutuhkan mixer, maka anda salah besar. Anda tidak membutuhkan mixer.

Nah setelah itu jangan lupakan juga untuk membeli seperangkat microphone, bisa untuk vocal, drum maupun gitar dan berbagai kabel yang diperlukan. Buat anda yang memiliki dana berlebih melakukan rekaman di rumah lebih nyaman ketimbang anda menyewa studio rekaman. Tapi jika anda memiliki keterbatasan dana, jangan memaksakan diri.

Gunakanlah perangkat yang ada, jika hanya mampu menyewa studio, ya di studio saja. Bagaimanapun proses rekaman anda, jika dilakukan dengan benar dan kualitas musik anda bagus, maka hasilnya pun akan bagus. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic