Friday, March 7, 2014

Pentingnya Instropeksi Dalam Bermain Musik

Banyak musisi handal merasa bahwa penampilannya sudah sangat baik. Saking percaya dirinya, beberapa dari mereka kerap menyepelekan musisi pemula. Padahal para musisi pemula juga terkadang mampu menciptakan karya yang lebih baik. Disinilah penting instropeksi atau penilaian terhadap diri sendiri. Dengan menilai diri sendiri secara objektif, kemampuan anda bisa terus berkembang.

Sebenarnya menilai diri sendiri bisa digantikan dengan memiliki sound engineer. Keberadaan mereka biasanya sangat dibutuhkan, ketika anda melakukan pertunjukkan namun tidak percaya diri dengan alat musik yang digunakan, serta gaya bermain yang dirasa kurang sempurna. Tapi sebisa mungkin nilailah diri anda sendiri, agar anda tahu sejauh mana kelemahan anda.

Yang bisa anda lakukan anda mendengarkan ulang setiap penampilan anda. Karena itu rekamlah setiap pertunjukan yang anda buat dan kemudian dengarkan ulang, pelajari serta jangan merasa bangga dengan permainan sendiri. Meskipun bagus, anda harus coba menempatkan diri sebagai seorang pendengar. Jika buruk, jujurlah pada diri sendiri bahwa karya anda harus diperbaiki.

Dengan kejujuran maka anda bisa terus berkembang. Bila anda seorang drumer yang baru saja beli drum elektrik dan belajar memainkannya. Rekamlah cara latihan anda kemudian putar rekaman tersebut. Dengarkan baik-baik kemudian nilailah apakah cara bermain anda sudah bagus, atau hanya menghasilkan bunyi-bunyi tidak jelas tanpa harmoni. Meski nantinya anda merasa bermain buruk, jangan patah semangat. Karena hanya kerja keraslah yang bisa membuat anda sukses.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic