Wednesday, March 26, 2014

Konduktor Musik

Apakah kata konduktor musik sangat aneh di telinga anda?tentu saja. Sebab kata konduktor lebih banyak digunakan oleh orang Eropa. Di Indonesia yang lebih banyak menganut paham musik Amerika, kata music director lebih banyak digunakan. Konduktor dan music director memiliki peran yang sama, yakni bertanggung jawab atas kinerja musik secara keseluruhan. Termasuk memastikan bahwa para pemain tahu musik yang akan mereka bawakan.

Pada abad ke 20 seorang konduktor musik memiliki pengaruh yang hampir tidak terbatas. Sebab konduktor tidak hanya melakukan konser. Tapi juga mengontrol musik apa yang akan dibawakan orchestra. Konduktor pada masa ini juga punya otoritas tinggi dalam melakukan perekrutan, pemecatan dan berbagai hal yang bersangkutan orchestra.

Istilah music director sendiri baru terdengar umum di Amerika pada pertengahan abad ke 20. Music director diabad ini memiliki otoritas yang lebih sempit, karena adanya pembagian kekuasaan. Pembagian ini dibuat berdasarkan gaya manajemen koperasi yakni dengan membagi orkestra menjadi tiga bagian yaitu musisi orkestra sendiri, staf administrasi, dan relawan dewan direksi.

Tidak mudah untuk menjadi seorang music director. Karena butuh kepekaan dan pengetahuan yang luas dalam bermusik. Belum lagi banyak orang mengincar posisi ini, sehingga menyebabkan persaingan yang sangat ketat. Bagi anda yang ingin menjadi seorang music director sebaiknya persiapkan semuanya dengan matang. Kuasailah beragam jenis alat musik. Jangan sampai saat audisi anda hanya bisa terpaku ketika ditantang menggunakan beragam alat musik. Beli piano adalah langkah yang paling tepat untuk anda memulai karir dibidang ini.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic