Friday, March 14, 2014

Pentingnya Bunyi Dalam Musik

Bunyi atau suara adalah elemen musik yang paling dasar dan paling penting. Bunyi adalah nyawa dari sebuah musik. Tanpa bunyi, manusia tidak akan bisa mendengar irama, yang tercipta dari panjang dan pendek temponya. Kombinasi dari banyak irama menghasilkan bunyi yang indah. Kombinasi yang baik antara irama dan melodi melahirkan bunyi yang harmoni.

Harmoni adalah keselarasan, dalam teori musik ilmu harmoni adalah ilmu yang mempelajari tentang keselarasan bunyi dalam musik. Dalam beberapa bahasa, harmoni disebut armonía (Spanyol & Italia), harmonie (Perancis dan Jerman), zusammenklang (Jerman). Karena bunyi merupakan elemen terpenting, hendaknya kita sebagai musisi pemula belajar untuk lebih peka mengenal setiap bunyi.

Cobalah beli drum elektrik atau manual, kemudian lakukan pukulan dan kenali bunyi disetiap ketukannya. Tinggi rendahnya pukulan yang kita lakukan pasti akan memberikan bunyi yang berbeda-beda. Bunyi ini juga dipengaruhi oleh tempo dan selera kita dalam bermusik. Jika bisa latihlah diri anda untuk bersahabat dengan segala jenis bunyi. Baik itu bunyi pukulan beraturan maupun tidak beraturan. Dengan mendengar segala macam bunyi maka persediaan irama di otak kita akan lebih banyak.

Bila anda memiliki persediaan yang begitu banyak, akan lebih mudah bagi anda menciptakan karya baru yang berbeda dari orang lain. Tidak hanya itu mengenal segala jenis bunyi akan membantu anda menjadi seorang analys musik yang handal. Sebab telinga anda sudah terbiasa mendengar bebunyian benda mati dan hidup. Sehingga lebih mudah bagi anda untuk menilai mana bebunyian asli dan mana bebunyian palsu yang diciptakan oleh perangkat elektronik.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic