Sunday, March 2, 2014

Metode Crowdfunding di Dunia Musik

Jika anda memiliki band baru yang kekurangan secara finasial, tentu anda akan mencari label yang bersedia membantu memasarkan album anda. Tapi bagaimana jika label pun menuntut anda melakukan pergerakan lebih banyak, yang jika dipikirkan hanya membawa kerugian? Sebenarnya ada jalan keluar bagi band anda agar tidak bergantung pada label yakni dengan metode Crowdfunding.

Metode ini dilakukan dengan cara menjual segala macam produk musik, dari gitar sampai stiker. Anda bisa bekerja sama dengan berbagai perusahaan percetakan atau pembuat pakaian untuk memproduksi barang yang akan dijual. Kemudian anda bisa menjualnya kepada para penggemar saat melakukan pertunjukan.

Selain menjual berbagai merchandise anda juga membisniskan tiket konser. Berilah ruang VIP untuk beberapa penggemar dengan syarat membayar dalam jumlah lebih besar. Tentu tidak hanya menonton yang mereka dapatkan, karena itu berilah kepada mereka waktu beberapa menit untuk berbincang dengan anda atau hanya sekedar foto bersama.

Selain itu lakukanlah tur ke beberapa kota. Ini biasanya akan mendatangkan pemasukan yang cukup besar. Tapi tur juga harus dipersiapkan dengan matang dan seksama. Jika salah melakukan perhitungan maka kerugianlah yang akan anda dapat. Tapi diantara semua metode di atas, menjual alat musik adalah yang paling direkomendasikan.

Dengan menjual instrumen musik berserta tanda tangan anggota band, anda akan mendapat untuk berkali-kali lipat. Karena banyak penggemar yang rela melakukan apapun untuk mendapatkannya. Karena itu sebelum menjual beberapa instrument, sebaiknya sedari sekarang belilah instrument tersebut terlebih dulu.

Beli drum elektrik atau pun drum manual menjadi permulaan bagus, cobalah beli drum dengan merek berkualitas. Tidak usah satu set, beli beberapa bagiannya saja. Kemudian tandatangani oleh anda dan juallah dengan harga dua kali lipta. Dengan upaya ini band anda tidak perlu lagi bergantung pada label. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic