Wednesday, March 19, 2014

Lagu Kebangsaan Terpendek dan Terpanjang di Dunia

Lagu kebangsaan adalah nyawa dari sebuah negara. Dengan lagu kebangsaanlah setiap negeri memperkenalkan karakternya, sekaligus memperlihatkan kekuatannya. Karena itu tidak aneh jika lagu kebangsaan tercipta dengan sejarah yang memukau. Tapi tahukah anda ada lagu kebangsaan yang begitu pendek dan menarik untuk diulas?

Ya di dunia ini ada lagu kebangsaan yang begitu singkat. Sehingga anda tak perlu berlama-lama menunggu saat pertandingan sepakbola akan dimulai. Negara yang memiliki lagu kebangsaan terpendek adalah Jepang. Sesuai karakter penduduknya yang serba cepat, Jepang juga enggan membuang waktunya untuk menyanyikan lagu kebangsaan. Lagu berjudul Kimigayo yang digubah pada abad ke-10 hanya memiliki 31 suku kata.

Liriknya berbunyi seperti ini kimigayowachiyoniyachiyonisazareishinoiwaotonaritekokenomusuma, yang artinya, "Semoga kekuasaan Yang Mulia, berlanjut selama seribu (tahun), delapan ribu generasi. Sampai kerikil berubah menjadi batu karang, yang diselimuti lumut." Jika Jepang memiliki lagu kebangsaan super pendek, lain halnya dengan Yunani yang memiliki lagu kebangsaan sangat panjang.

Negeri para dewa ini memiliki lagu kebangsaan berjudul mnos pros tin Eleftherian, yang terdiri dari 158 bait dengan 8 baris di setiap bait. Terlepas dari panjang pendeknya lagu kebangsaan. Dua lagu diatas tetaplah tercipta dengan peluh para musisi pendahulu. Dijamannya dulu para musisi itu mungkin hanya mampu beli piano murahan, tp berusaha menciptakan lagu dengan maksimal. Sudah selayaknya kita lebih menghargai lagu kebangsaan negara kita sendiri, untuk juga menghargai penciptanya.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic