Thursday, March 6, 2014

Lima Album Yang Mengubah Sejarah Musik Rock

Musik rock selalu memiliki kekuatan tersendiri yang membuat banyak orang didunia terpengaruh. Namun dalam enam dekade terakhir musik rock terus mengalami evolusi, hingga hampir kehilangan identitas awalnya. Dengan emosi baru, suara dan dan tatanan musik serba segar rock lambat laun jadi susah dikenali. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Karena ada beberapa band yang berani melakukan sesuatu yang revolusioner dan berani melampaui batas-batas musik rock. Setidaknya ada lima band yang dianggap sebagai pendobrak revolusi musik rock, tapi hanya tiga yang akan dijelaskan disini. Yang pertama adalah King Crimson. Perubahan dalam musik rock mereka lakukan pada akhir 60an.

Awalnya perubahan tesebut memang tidak kentara, namun secara terbuka King Crimson pun mengakui bahwa mereka banyak melakukan perubahan pada dasar-dasar musik rock. Sejak saat itu terciptalah musik rock progresif. Yang kedua adalah Black Sabbath yang melahirkan musik metal di tahun 1970an. Bermula dari berkumpulnya orang-orang muda penuh gairah. Black Sabbath kemudian mempopulerkan jenis gaya musik yang sangat menghentak telinga.

Yang ketiga adalah Nirvana yang berhasil melahirkan musik grunge. Nirvana yang merasa bosan dengan alur rock yang begitu-begitu saja, mencoba melakukan eksplorasi dengan mencampurkan gaya punk, rock dan jenis musik lainnya, sehingga tercipta musik grunge. Ketiga band diatas berhasil mengubah sejarah dengan berani melakukan perubahan.

Karena itu buat anda para pemula, jangan takut untuk mencoba banyak hal. Mengkombinasikan banyak alat musik. Terutama memasukkan unsur piano dan keyboard yang jarang digunakan dalam musik rock. Beli piano dan keyboard sebagai langkah awal anda memulai perubahan segar dalam musik rock. Tapi jika bisa pertahankanlah kunci kunci dasar musik rock.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic