Wednesday, March 26, 2014

Metronome Pada Drum

Bagi anda para drummer yang sudah beli drum elektrik, metronome pastinya sudah menjadi sahabat setia ketika anda berlatih. Tahukan anda metronome itu ada dua jenis? Yang petama dijalankan dengan bateri atau listrik (metronome digital) dan yang kedua dijalankan dengan manual tanpa listrik, atau yang biasa kita sebut dengan metronome analog.

Metronome adalah sebuah alat yang menghasilkan suara pukulan yang konstan. Ada dua jenis metronome yang bisa dipilih dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk yang analog, kelebihannya adalah anda tidak membutuhkan baterai atau daya listrik, tinggal putar saja. Sedangkan yang digital meskipun mudah penggunaannya, namun anda membutuhkan lebih banyak daya listrik.

Metronome sendiri berfungsi untuk menjaga kestabilan anda ketika menggebuk drum. Sehingga tempo yang anda mainkan tidak naik turun. Bila anda bermain drum tanpa mengunakan metronome, dijamin tempo yang anda dengar pasti naik turun. Ini terjadi karena perubahan tempo dalam menggebuk drum cenderung tidak stabil. Penyebabnya adalah mood yang naik turun.

Jika anda sedang bersemangat, tempo yang anda hasilkan akan besar, namun jika sedang lesu maka pukulan yang anda hasilkan akan lamban. Tidak hanya itu metronome juga sangat berfungsi saat kita melakukan rekaman album. Jadi ketika kita melakukan kesalahan menggebuk drum, ada bagian yang bisa kita potong dan kita sambung kembali dengan ketukan baru. Nah setelah tahu betapa pentingnya metronome sebaiknya anda mengulik lebih dalam material yang satu ini.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic