Friday, March 7, 2014

Menciptakan Ide Musik Yang Efisien

Setiap musisi pastinya ingin menciptakan karya yang efisien dan mudah diikuti para penggemarnya. Karena musik yang unik dan sulit hanya akan menjadi angin lalu, tanpa pecinta yang jelas. Sayangnya banyak musisi tidak mengetahui bagaimana caranya menciptakan ide musik yang efisien. Untuk merealisasikan ide yang efisien setidaknya anda harus mampu mendengar harmonisasi dalam lagu.

Mengingat bagaimana bunyi setiap nut, atau bunyi dalam setiap senar. Jika anda sudah beli piano, namun dalam jangka setahun kemudian belum mampu mendengar harmoni dalam piano. Bisa jadi anda tidak mampu menciptakan ide yang efisien. Yakni mudah didengar dan diulang oleh penggemar. Jika anda tidak mampu mendengar harmoni dalam sebuah instrumen musik, bisa dipastikan rencana pembuatan lagu anda akan banyak terkontaminasi.

Mengapa?karena anda hanya mendengar atau mengikuti karya-karya band lama. Saat ditantang untuk menciptakan sesuatu yang baru, anda tidak mampu. Karena kesulitan dalam menyusun harmoni. Itulah pentingnya setiap musisi hapal betul irama semua instrumen musik. Baik itu gitar, drum, piano maupun keyboard. Jika anda sudah terbiasa dengan harmoni semua alat musik. Anda akan lebih mudah menciptakan karya yang ada dalam benak.

Karena itu mulai sekarang janganlah malas untuk berlatih semua instrumen musik. Meskipun nantinya anda tidak menggunakan instrumen tersebut. Namun anda harus membiasakan diri mendengar harmonisasi. Jika sudah terbiasa melakukan ini, anda tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat arasemen yang bagus. Lantaran anda sudah mengerti dimana titik-titik terapik dalam setiap instrumen.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic